Minggu, 22 Mei 2011

Menghindari Bahaya Narkoba

Narkoba, bukanlah hal yang asing di zaman yang semodern ini. Hal ini disebabkan sudah banyak sekali orang yang sudah memakainya barang yang bisa disebut barang haram ini. Mulai dari para remaja bahkan yang sudah tua. Dari orang biasa sampai para figur publik.

Narkoba sendiri sebenarnya tidaklah obat yang tidak kenal. Kebanyakan dari obat-obat tersebut merupakan obat yang tidak kita ketahui. Obat-obat itu sendiri sering digunakan di bidang kedokteran, yang biasanya digunakan untuk obat penenang ataupun obat bius.

Apa sebenarnya narkoba itu? Narkoba atau Narkotik dan obat terlarang merupakan bahan-bahan berbahaya yang akan menimbulkan efek samping jika digunakan terlalu banyak dan tidak sesuai dengan dosis. Biasanya efek samping yang ada adalah rasa tenang yang berlebihan, ketergantungan, tidak terlalu percaya diri jika tidak memakai dan lain sebagainya.

Remaja-remaja merupakan target yang tepat bagi seorang bandar narkoba untuk memberikan barang-barang mereka. Hal ini disebabkan karena pada saat remaja, jiwa mereka masih labil, kadang tidak tahu yang mana yang baik dan yang mana buruk. Selain itu, alasan solidaritas, tidak ingin di ejek teman merupakan salah satu pemicunya.

Bagaimana cara kita menghindati narkoba? Untuk menghindari narkoba, banyak hal yang dapat kita lakukan. Yaitu misalnya saja selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar di hindari dari hal-hal yang buruk. Memilih teman dalam pergaulan, dalam artian jika teman kita itu bersikap buruk dan mulai mengajak kita untuk mencoba narkoba kita dapat meninggalkan mereka. Karena sekali saja kita menocba narkoba akan sulit bagi kta untuk melepasnya. Selain itu, kita juga harus memepelajari berbagai dampak dari narkoba itu sendiri bagi diri kita dan orang lain.

Semua hal yang kita lakukan untuk menghindari bahaya narkoba menjadi tidak berarti jika tidak ada kemauan dan kesadaran dari diri kita sendiri. Karena, seperti yang saya katakan tadi, sekali saja kita terjerumus dalam narkoba, selamanya kita akan terjerat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar